MENGAPA SEMINGGU SEKALI?

Mungkin ada yang penasaran lalu bertanya, mengapa menguras bak penampungan air dianjurkan sekali seminggu. Mengapa tidak lebih sering yaitu dua kali seminggu, atau sebaliknya lebih jarang: dua minggu sekali?

Menguras adalah pilar pertama Gerakan 3M Plus. Pilar kedua, menutup tempat penampungan air. Pilar ketiga, mendaur ulang sampah yang dapat menampung air seperti kaleng bekas, botol bekas dan sejenisnya.

Sedangkan ‘plus’ bisa banyak dan beragam. Mulai dari menabur bubuk abate ke tempat penampungan air yang sulit dikuras, menggunakan obat anti nyamuk atau lotion anti nyamuk, sampai dengan menggunakan kelambu ketika tidur. Plus yang terakhir terutama bagi mereka yang suka tidur di pagi atau sore hari. Aedes hanya doyan berburu mangsa di pagi dan sore hari.

Biang kerok penyakit demam berdarah adalah virus dengue. Virus ini mampu memperalat sel tubuh nyamuk aedes untuk memproduksi jutaan copy virus. Nyamuk yang mempunyai kebiasaan terbang kesana kemari menggigit orang-orang, tidak hanya satu orang, tanpa sadar sambil mengisap darah juga menyebarkan virus dengue hasil fotocopy.

Setelah jumlah darah yang diisap cukup, nyamuk aedes segera mencari genangan air. Beda dengan saudaranya yang doyan bertelur di air kotor, aedes menyukai genangan air bersih. Dimana saja, yang penting air bersih. Kadang-kadang di penampungan air luapan dispenser, di vas bunga, atau di gelas air mineral yg dibuang sembarangan.

Tak butuh sembilan bulan, hanya 10 - 12 hari. Telur yang diletakkan di permukaan air bersih akan menetas menjadi larva, lalu menjadi nyamuk dewasa.

Jika air yang ada telurnya, atau ada larvanya dikuras dalam waktu kurang dari 10 hari, niscaya telur atau pupa akan tewas sebelum berkembang menjadi nyamuk.

Inilah dasar pemikiran menguras seminggu sekali. Kenapa diambil angka 7? Selain mudah diingat, juga waktu yang ideal untuk memutus daur hidup nyamuk. Tak terlalu pendek, pun tak terlalu panjang.

Tapi perlu diingat, bahwa perilaku menguras tak hanya boleh satu kali. Perlu rutin. Kenapa? Akan ada aedes betina lain yang siap sedia meletakkan telurnya ke penampungan air yang baru saja dikuras.

Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

BACA JUGA

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar