MENAKSIR HARI PERSALINAN

Satu hal yang sangat ingin diketahui oleh seorang ibu hamil adalah kapan kira-kira ia akan melahirkan.

Dengan tahu waktu tersebut, segala sesuatunya bisa dipersiapkan. Bunda bisa mulai membeli barang perlengkapan bayi, Bunda bisa mengatur waktu pemeriksaan kehamilan ke bidan atau dokter, atau Bunda bisa merencanakan perjalanan pulang kampung seandainya berencana melahirkan di tanah kelahiran.

Ada banyak cara untuk mengetahui taksiran persalinan. Bu Bidan biasanya menggunakan rumus Naegele, yaitu hari tambah 7, bulan kurang 3, tahun tambah satu. Tapi ini cukup ribet karena kudu hitung-hitungan dengan kalkulator. Dokter SPOG biasanya menggunakan citra USG, yaitu dengan mengukur diameter kepala janin. Tapi ini ribet juga, karena harus ke tempat praktek dokter. Dan tak hanya ribet, juga ada biaya yang kadang-kadang lumayan.

Aplikasi Kalkulator Kehamilan Plus
Saat ini ada cara yang lebih simpel. Cukup bermodal jari dan sedikit paket internet. Yaitu, download aplikasi android.

Ada banyak aplikasi di playstore, dari buatan luar negeri maupun asli kreasi anak negeri. Tinggal pilih.

Tapi kalau boleh saran, silakan pakai Aplikasi Kalkulator Kehamilan Plus. Aplikasi ini full bahasa Indonesia, dan sederhana. Dijamin ga akan dipusingkan oleh berbagai menu yang ga jelas. Plusnya aplikasi ini adalah ada tanggal-tanggal penting antara lain tanggal masuk trimester 1,2,3, tanggal bayi mulai mendengar suara, dan tanggal bayi sudah sangat siap untuk dilahirkan.

Plus yang lain, ada daftar tilik alias ceklis pemeriksaan yang sudah disesuaikan dengan anjuran pemeriksaan untuk ibu hamil versi Indonesia. Dengan ceklis itu, kecil kemungkinan ibu melewatkan pemeriksaan atau tindakan yang harus dilakukan ibu hamil.

Walaupun banyak plusnya, aplikasi ini asli GRATIS.

Tunggu apalagi, silakan Bunda ke playstore dan ketik di pencarian "kalkulator kehamilan plus", atau cukup klik taut berikut:


Oh ya, jika Bunda merasa aplikasi tersebut bermanfaat, jangan lupa di playstorenya di kasih bintang 5 ya, atau berikan review.

5 komentar:

  1. Wah sangat bermanfaat ini informasinya. Terima kasih banyak Mbak.

    BalasHapus
  2. Wah ternyata ada juga aplikasi seperti ini ya....memang selama ini menaksir kehamilan biasanya hanya melalui dugaan dan saran bidan...mantap jika sudah ada aplikasi yang bisa menaksir kapan saatnya persalinan....��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baik Pak, terima kasih atas kunjungannya :)

      Hapus