Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

OBAT SAKIT MATA BELEKAN DI APOTEK

Pernah sakit mata belekan? Saya menduga lebih dari 90% kita menjawab pernah.

Kenapa demikian, karena sakit mata belekan mudah menular dan dapat mengenai segala usia, dari bayi sampai orang tua. Juga mengenai siapa saja, tak peduli kaya atau miskin.

Selain belek yang berwarna kuning kehijauan, gejala lain sakit mata ini adalah kelopak mata bengkak dan lengket terutama di pagi hari. Selain itu muncul rasa mengganjal di dalam mata, mata menjadi merah, keluar banyak air mata, timbul nyeri atau perih disertai gatal, dan lain sebagainya. Beratnya gejala biasanya berbeda untuk setiap orang, ada yang ringan, ada pula yang berat bahkan sampai tak mampu membuka mata.

Penyebab sakit mata belekan adalah infeksi bakteri. Makhluk kecil ini berkembang biak di mata sehingga menghasilkan belek dan menimbulkan berbagai macam gejala seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

Dalam bahasa medis, sakit mata belekan disebut konjungtivitis bakterial, artinya peradangan konjungtiva (putih mata) oleh bakteri.

Karena penyebabnya bakteri, maka pengobatan utamanya menggunakan antibiotik, baik yang berupa obat minum atau obat mata tetes/salep. Obat minum berupa tablet atau kapsul biasanya diberikan untuk sakit mata belekan yang parah. Khusus tetes mata, selain mengandung antibiotik juga mengandung antinyeri atau antiradang. Gunanya untuk meringankan gejala penyerta seperti nyeri dan bengkak.

Manfaat pemberian antibiotik pada sakit mata belekan adalah untuk membunuh bakteri biang kerok.

Beberapa contoh obat sakit mata belekan di apotek dari golongan tetes mata adalah Tetes Mata Erla, Cendo Xitrol, atau Alletrol, dan dari golongan salep mata adalah Salep Mata Erla atau salep mata kloramfenikol 1%. Sedangkan tablet atau kapsul antibiotik contohnya amoksisilin, sefadroksil, dan sebagainya.

Oh ya harap diperhatikan, jangan memberikan tetes mata antiiritasi seperti Visine, Rohto, Insto, dan sebagainya untuk sakit mata belekan.

Demikian, semoga bermanfaat.

*Apotek atau apotik yang benar?

1 komentar untuk "OBAT SAKIT MATA BELEKAN DI APOTEK"

  1. Значение понятия слим без слоя, что такое слим без слоя? На молодежном сленге слово тонкий без слоя означает: значение: поворот one two slim реальные отзывы https://one-two-slim-kapli.ru/. Оборзел шишуля ажур ю реди лампа чан ппшник хвостовик рнн вписка габелла цг финесит чо дилд пошел жечь каничива питик ерохин кус бусит кутить еж фагать кричать

    BalasHapus