Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

GAK NYANGKA JENTIK ADA DI SINI

Mungkin banyak yang ga menduga. Bahwa salah satu alat yang sangat akrab kita gunakan bisa menjadi sarang nyamuk DBD.

Yaitu dispenser air minum.

Bagi yang punya dispenser air minum, silakan periksa bagian penampung air tumpahnya.

Saya yakin, banyak yang menemukan jentik nyamuk di sana. Kalau mau lebih teliti, pelototilah tepi air. Niscaya akan terlihat bintik bintik kecil kehitaman. Itulah telur nyamuk yang siap menetas.

image:dapur.co.id
Penampung air tumpah dispenser adalah lokasi favorit jentik Aedes aegypti. Letaknya persis di bawah gelas saat kita menuangkan air.

Penampung air tumpah ini memang sangat ideal. Selain karena selalu terisi air, juga air di dalamnya sering luput dari perhatian. Kisi-kisi plastik tempat dudukan gelaslah yang menghalangi pandangan ke air di bawahnya. Lewat kisi-kisi ini jualah nyamuk betina lolos masuk ke dalam dan bertelur.

Agar tak jadi sarang nyamuk, berikut jurusnya. Pertama, buang air dalam penampung seminggu sekali, ga boleh telat. Kalau telat, jentik keburu berubah menjadi nyamuk. Kedua, masukkan sedikit bubuk abate ke dalamnya. Memasukkannya ga perlu saat tiap kali menguras, cukup 3 bulan sekali. Abate akan nempel di dinding penampung. Jadi pastikan jangan gosok dindingnya. Cukup tuang buang airnya. Ketiga, jangan gunakan penampung air tumpah. Risikonya air meluber kemana-mana dan ga enak di pandang mata. [BlogDokter.ID]

2 komentar untuk "GAK NYANGKA JENTIK ADA DI SINI"