Rabu, 13 Februari 2019

HIV Tidak Membunuh

Virus HIV ditemukan sekitar 40 tahun yang lalu. Sudah lama. Tapi sampai saat ini belum ditemukan obat yang manjur yang dapat membasmi tuntas virus ini. Obat yang ada di pasaran hanya mampu menekan agar virus diam tak bertumbuh.

Virus HIV termasuk golongan virus soft power, tak membunuh manusia.

Lalu kenapa pasien HIV ada yang meninggal?

Karena penyakit lain, semisal TBC, meningitis, diare berkepanjangan, dan sebagainya. Virus HIV hanya memfasilitasi agar penyakit-penyakit tersebut leluasa menyerang manusia.

Bagaimana bentuk fasilitasinya?

Yaitu melemahkan dan merusak salah satu jenis satuan tentara penjaga tubuh. Tugas tentara ini adalah membantu dalam pembasmian segala bentuk musuh yang masuk ke dalam tubuh. Musuh itu antara lain bakteri TBC, virus, dan sebagainya.

image:bbc.com


Siapa satuan tentara yang dirusak oleh Virus HIV?

Sel CD4, termasuk golongan sel darah putih. Sel ini bekerja sebagai pemberi sinyal. Sinyal agar sel darah putih lain yang bertugas memakan bakteri atau virus datang ke lokasi pertempuran; dan sinyal agar jumlah sel darah putih diperbanyak.

Walaupun sel CD4 tidak mempunyai senjata untuk melumpuhkan lawan secara langsung, tapi tanpanya sel darah putih lain tak bisa berkutik apa-apa. Melempem. Lumpuh.

Bisa dibayangkan jika tentara dan sistem pertahanan tak berfungsi. Musuh dalam hal ini kuman penyerang akan merajalela dan leluasa merusak tubuh, menimbulkan penyakit, dan akhirnya menimbulkan kematian.

Jadi virus HIV tidak membunuh manusia: secara langsung. Tapi secara tidak langsung, YA.

Yuk kunjungi channel kami



Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

BACA JUGA

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar