Senin, 11 Februari 2019

Jangan Pinjam Meminjam Gunting Kuku

Walaupun tampak sepele dan lazim dilakukan orang, sebaiknya kita tak lagi saling meminjam gunting kuku.

Kenapa? Apa yang salah?

Umumnya orang ga mau pinjam meminjam sikat gigi. Alasannya, jijik aja. Atau takut ketularan penyakit mulut. Tapi tak demikian dengan gunting kuku.

Saya punya pengalaman tentang gunting kuku. Teman melihat saya merapikan kuku. Tak lama kemudian dia hendak meminjam gunting kuku yang saya pakai. Saya sudah berusaha menghindar, tapi karena diminta berulangkali pada akhirnya terpaksa jua meminjamkannya. Tentunya dengan terlebih dahulu mencuci dan membersihkannya dengan sabun.

Mungkin juga para Pembaca sekalian punya pengalaman yang mirip.

Mengapa gunting kuku tidak boleh dipakai bergantian? Karena dapat menularkan penyakit kuku Tinea unguium. Walaupun tidak mematikan, penyakit ini sangat menjengkelkan. Kuku rusak dan sangat sulit sembuh. Bahkan sekalipun kuku dicabut paksa sampai ke akar-akarnya, penyakit kuku biasanya balik lagi.

image: miifotos.com

Tinea unguium disebabkan oleh jamur yang hanya bisa dilihat dengan mikroskop, namanya trikofiton, epidermofiton, atau mikrosporum. Jamur ini tumbuh di jaringan kuku dan kulit di sekitarnya. Sambil bertumbuh, jamur juga merusak struktur kuku. Kepentingannya agar proses pertumbuhannya berjalan lancar. Kuku menjadi rapuh, kehitaman, dan bentuknya sangat jelek dipandang mata. Bagian yang diserang mulai dari bagian kuku yang baru tumbuh sampai bagian kuku yang sudah mengeras. Celakanya lagi, selama berkembang biak, jamur menebar spora di sekitar kuku. Spora dapat dianalogikan sebagai biji tumbuhan.

Obat untuk membasmi jamur banyak tersedia di pasaran. Contohnya fungiderm, daktarin, mikonazol, dan sebagainya. Obat-obat ini umumnya ampuh membunuh banyak jenis jamur, seperti jamur kutu air, jamur panu, jamur kurap dan lain-lain. Tapi untuk jamur kuku, hampir semua obat jamur salep akan kewalahan. Apa pasal? Ada sebagian jamur yang tumbuh ditempat yang sulit dijangkau salep.

Alternatifnya, obat jamur minum. Tapi agar ampuh obat tersebut harus dikonsumsi berbulan-bulan. Di sini letak masalahnya, jarang ada orang yang sanggup minum obat setiap hari selama berbulan-bulan.

Jadi daripada kerepotan mengobati jamur kuku, mending mencegahnya. Caranya, jangan saling meminjam gunting kuku. [BlogDokter.ID]

Yuk kunjungi channel kami



Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

BACA JUGA

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar