Sabtu, 23 Februari 2019

OBAT PENGHENTI HAID DI APOTIK

Begitu namanya dipanggil, seorang ibu muda masuk dan duduk di depanku. Seperti biasa, pertanyaan pertamaku meluncur, “Ibu keluhannya apa?”. “Saya tidak sakit Dok”, sahutnya dengan cepat.

Lalu dia menjelaskan keperluannya.

Bulan depan dia akan menunaikan ibadah haji. Dan khawatir dapat haid saat masih di tanah suci. Jadi dia minta obat penunda haid sementara.

Obat Penghenti Haid di Apotik


Nama obat yang lazim digunakan untuk menunda haid adalah Primolut N, Norelut, Lutenyl, atau merk lain. Yang pasti biasanya mengandung norethisterone. Obat penghenti haid ini dapat dibeli di apotik. Tapi tentunya dengan resep dokter. Harga obatnya terjangkau, walaupun tak bisa dibilang murah.

Kandungan obat untuk memghentikan haid adalah golongan hormon progesteron. Ketika dikonsumsi pada waktu yang pas, obat ini akan mencegah dinding rahim meluruh. Karena tak meluruh, maka tak ada darah dan jaringan rahim keluar. Alias tak ada haid.

Agar manjur, cara minumnya harus pas. Kalau tidak, ada kemungkinan kebobolan.

Langkah pertama, tentukan dulu tanggal perkiraan haid yang akan datang. Kita ambil contoh 31 Desember tahun ini.

Langkah kedua, tentukan tanggal mulai minum obat penundanya. Yaitu sekitar 1 minggu sampai 3 hari menjelang tanggal perkiraan haid. Jadi Bunda dapat mulai minum obat antara 24 Desember - 28 Desember. Perlu diperhatikan bahwa ketika sudah mulai minum, harus diminum terus menerus.

Langkah ketiga, minum 3 kali sehari. Dan disiplin setiap 8 jam. Silakan diatur jam berapa saja, asal selang antar obat adalah 8 jam.

Ketika Bunda ingin haid, misalkan sudah pulang dari haji atau umrah, cukup stop konsumsi obat. Dua tiga hari kemudian biasanya menstruasi akan menghampiri. Setelah itu haid akan balik lagi ke pola normal seperti sedia kala.

Oh ya, mungkin ada yang bertanya, bolehkah obat untuk menunda haid diminum oleh ibu menyusui? Jawabannya tidak boleh alias kontraindikasi. Obat ini keluar bersama air susu ibu dan berbahaya jika diminum oleh bayi.

Yuk kunjungi channel kami



Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

BACA JUGA

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar