Sabtu, 16 Maret 2019

Demam Berdarah Dengue (DBD)

PENYAKIT DEMAM BERDARAH

Penyakit demam berdarah adalah penyakit yang disebabkan oleh virus yang disebut virus dengue. Seseorang dapat terinfeksi virus dengue tersebut jika digigit oleh nyamuk yang mengandung virus dengue. Virus ini tidak menular secara langsung dari manusia ke manusia misalnya melalui kontak kulit atau kontak cairan tubuh. Tetapi virus ini menular dari orang sakit ke orang sehat melalui perantaraan gigitan nyamuk aedes baik Aedes aegypti maupun Aedes albopictus. Oleh karena itu penyakit demam berdarah biasanya banyak ditemukan jika populasi nyamuk juga banyak. Populasi nyamuk meningkat pada saat musim hujan. Itulah sebabnya penyakit demam berdarah banyak terjadi pada saat musim hujan.

Pada tahap awal perjalanan penyakit, gejala penyakit demam berdarah tidak begitu jelas. Penyakit ini hanya ditandai oleh demam sakit kepala nyeri otot dan persendian mual dan muntah. Gejala ini juga ditemukan pada penyakit lain seperti batuk pilek atau penyakit virus lainnya. Tetapi setelah beberapa hari dapat muncul gejala berupa bintik merah di bawah kulit. Selain itu pada kondisi yang parah dapat muncul mimisan dan pendarahan pada gusi. Pada kasus yang berat perdarahan dapat terjadi lewat saluran cerna atau bagian tubuh lainnya sehingga menyebabkan tekanan darah penderita turun dan mengancam hidupnya. Sampai saat ini belum ditemukan obat khusus untuk membunuh virus dengue. Obat yang diberikan oleh dokter biasanya Hanya berupa obat penurun panas seperti paracetamol. Selain itu penderita dianjurkan untuk istirahat yang cukup dan minum cairan lebih banyak. Jika gejala penyakit yang dialami berat maka sebaiknya penderita masuk ke rumah sakit.

Apa kepanjangan dari DBD?

Kepanjangan DBD adalah demam berdarah dengue. Disebut dengan baik karena penyakit ini disebabkan oleh virus dengue.

Apa beda DBD dengan DHF?

Secara makna tidak ada perbedaan antara DBD dengan DHF. Keduanya hanya berbeda dalam masalah bahasa. DBD dalam bahasa Indonesianya artinya demam berdarah dengue, sedangkan DHF adalah versi bahasa Inggris artinya dengue hemorrhagic fever.

Mengapa kasus DBD meningkat di musim hujan?

Virus DBD ditularkan oleh nyamuk aedes. Nyamuk aedes ini suka berkembang biak di air bersih termasuk air hujan yang tertampung di wadah-wadah kaleng atau plastik. Oleh karena itu pada saat musim hujan tempat perindukan untuk nyamuk DBD semakin banyak. Akibatnya populasi nyamuk DBD atau nyamuk aedes aegypti juga meningkat. Itulah sebabnya kenapa kasus DBD meningkat di musim hujan.

Apa penyebab penyakit DBD?

Penyakit DBD disebabkan oleh virus dengue. Di dalam tubuh manusia virus ini dapat merusak sel-sel terutama sel trombosit. Sel ini berguna untuk mencegah perdarahan spontan. jika sel ini kadarnya berkurang maka penderita biasanya mudah mengalami perdarahan, contohnya perdarahan bawah kulit atau mimisan.

Apakah penyakit DBD dapat menular langsung dari manusia ke manusia lainnya?

Penyakit DBD tidak dapat menular secara langsung melalui kontak tubuh atau kontak dengan cairan tubuh. Penyakit ini hanya ditularkan melalui gigitan nyamuk aedes. Nyamuk yang menggigit orang yang sakit akan memindahkan virus dengue dari orang sakit tersebut ke orang yang sehat. Orang yang sehat tersebut kemudian akan ikut terinfeksi virus dengue.

Ada berapa jenis virus dengue?

Sampai saat ini diketahui ada 4 jenis virus dengue yang dapat menginfeksi manusia, yakni serotype 1, serotype 2 serotype 3 dan serotype 4.

Apa yang dimaksud dengan infeksi sekunder virus dengue?

Jika seseorang terinfeksi oleh salah satu jenis virus dengue misalnya serotype 1 maka dia akan kebal seumur hidupnya dengan virus dengue serotype 1 tersebut. Dengan kata lain jika lain waktu tu dia terinfeksi virus dengue serotipe 1 maka virus tersebut tidak akan mempan lagi. Tetapi dia tidak kebal terhadap serotype yang lainnya. Bahkan jika dia terinfeksi dengan serotype lainnya kondisinya bisa lebih parah. Seseorang yang di dalam tubuhnya sudah ada kekebalan terhadap salah satu serotype, jika terinfeksi oleh serotype lainnya disebut sebagai infeksi sekunder.

Bagaimana bentuk atau gambar dari virus dengue?

Bentuk virus dengue adalah bulat dan di permukaannya terdapat tonjolan tonjolan. Fungsi tonjolan tonjolan tersebut salah satunya adalah untuk memudahkan nya melekat pada sel target.

Berapakah angka kematian atau mortality penyakit DBD?

Mortality rate penyakit DBD kurang dari 1% jika dideteksi secara dini dan segera di obati. Jika penyakit DBD tidak diobati maka angka kematiannya bisa lebih tinggi mencapai 20%.

Apa yang dimaksud dengan penyakit DBD merupakan self limiting disease?

Artinya penyakit DBD dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu dua sampai tiga minggu tanpa meninggalkan bekas. Proses penyembuhan sepenuhnya dilakukan oleh daya tahan tubuh penderita sendiri. Karena sampai saat ini belum ada obat spesifik yang dapat membunuh virus dengue penyebab penyakit DBD.

Berapa lama masa inkubasi penyakit DBD?

Masa inkubasi penyakit DBD adalah antara 3 sampai 14 Hari, tapi kebanyakan terjadi antara 4 sampai 10 hari.

Berapa lama gejala DBD berlangsung?

Lama gejala DBD tergantung kepada beratnya penyakit. Untuk DBD yang ringan bisa jadi sembuh dalam waktu 2 hari sedangkan yang berat bisa mencapai 7 atau 8 hari.

Apa yang dimaksud DBD asimtomatik?

DBD asimtomatik artinya seseorang terinfeksi virus dengue dan virus dengue dapat ditemukan di dalam darahnya, tetapi orang tersebut tampak sehat tidak menunjukkan gejala penyakit apapun.

Apa saja gejala yang muncul sehingga dicurigai bahwa penyakit yang sedang diderita orang tersebut adalah DBD?

Gejala yang menjadi kecurigaan bahwa seseorang adalah penderita DBD yaitu demam yang sangat tinggi sampai 40 derajat Celsius, nyeri di belakang mata, nyeri otot dan persendian, mual, muntah, bengkak pada kelenjar getah bening, dan bintik-bintik merah. Selain itu orang tersebut pernah bepergian ke daerah yang terjadi banyak kasus DBD.

Apa yang dimaksud petekhie?

Petekhie adalah bintik merah yang muncul di tubuh yang jika ditekan dengan ujung jari maka bintik merah tersebut tidak hilang. Petekhie terjadi karena adanya perdarahan di bawah kulit.

Bagaimana perjalanan penyakit DBD yang berat?

pada fase awal perjalanan penyakit DBD berat mirip dengan DBD ringan atau penyakit virus lainnya seperti influenza. Tetapi pada DBD berat beberapa jam setelah munculnya demam akan terjadi tanda-tanda kebocoran pembuluh darah sehingga cairan di dalam pembuluh darah keluar. Selain itu terjadi tanda-tanda perdarahan misalnya dari hidung berupa mimisan, dari saluran cerna, dan pada air kencing yang disebut hematuria. Selain itu penderita juga dapat mengalami nyeri berat pada perut, muntah yang terus-menerus dimana muntahnya mengandung darah, dan kejang-kejang terutama pada anak-anak.

jika dalam waktu 24 jam DBD berat ini tidak segera diatasi maka dapat terjadi syok. Kondisi syok ditandai oleh kegagalan sirkulasi dengan ciri-ciri kulit berwarna kebiruan, pernapasan lebih cepat, denyut jantung lebih cepat, pusing, dan kesadaran menurun.

Bagaimana cara mengetahui atau mendiagnosis seseorang terkena DBD?

Diagnosis DBD ditegakkan dengan cara cara melihat keluhan pasien. Keluhan utama pasien DBD adalah demam sakit kepala dan nyeri persendian. Kadang-kadang disertai sakit ulu hati dan muntah. Selain itu pada pemeriksaan darah bisa dijumpai turunnya kadar trombosit. Trombosit adalah sel yang berfungsi untuk mencegah perdarahan spontan di dalam tubuh.

Pemeriksaan lain yang berguna untuk menentukan apakah seseorang terkena DBD atau tidak yaitu pemeriksaan uji cepat. Pada pemeriksaan ini diambil darah jari kemudian diteteskan ke strip uji ditunggu beberapa saat. Jika muncul garis 2 berarti penderita positif terkena demam berdarah. Pemeriksaan uji cepat ini mendeteksi imunoglobulin G dan immunoglobulin M yaitu suatu antibodi tubuh yang meningkat pada infeksi dengue. Kunci cepat yang lain adalah untuk mendeteksi protein ns1 yang diproduksi oleh virus pada tahap tahap awal virus menginfeksi tubuh manusia. Oleh karena itu uji cepat ns1 biasanya positif pada hari-hari pertama munculnya penyakit sedangkan uji cepat IgM dan IgG biasanya baru positif setelah beberapa hari.

Pemeriksaan lain yang lebih akurat adalah uji real Time PCR. Uii ini mampu mendeteksi keberadaan virus di dalam darah. Sayangnya uji real Time PCR ini sangat mahal dan butuh peralatan yang canggih serta operator yang terlatih.

Berapa kadar trombosit disebut rendah?

Salah satu yang menjadi parameter untuk penatalaksanaan penyakit demam berdarah dengue adalah kadar trombosit. kadar trombosit normal adalah berkisar antara 150.000 sampai 400.000 per mikroliter darah. Pada tahap awal terjadinya infeksi biasanya kadar trombosit masih normal. Tapi seiring dengan parahnya penyakit maka kadar trombosit berangsur-angsur akan turun karena dirusak oleh virus dengue. Kadar trombosit disebut rendah jika kurang dari 150.000. Perdarahan spontan biasanya terjadi jika kadar trombosit sudah dibawah 100.000 per mikroliter darah. Untuk mengatasi jumlah trombosit yang sangat kurang yang memicu terjadinya perdarahan di segenap penjuru tubuh maka dokter biasanya akan melakukan transfusi trombosit. Dengan transfusi trombosit maka perdarahan dapat dicegah dan pasien dapat melewati masa kritis dengan baik.

Apakah binatang juga dapat menderita DBD?

Sampai saat ini penyakit DBD hanya diketahui menyerang manusia. tetapi virus DBD juga dapat menyerang primata non manusia seperti simpanse, kera makaka dan lain-lain. Tetapi pada hewan-hewan tersebut virus hanya berkembang biak tanpa menimbulkan gejala apapun. Binatang ternak seperti sapi kuda dan sebagainya sampai saat ini belum diketahui dan belum pernah ditemukan terinfeksi virus dengue.

Mengapa nyamuk betina aedes saja yang dapat menularkan penyakit dengue?

Nyamuk jantan tidak menghisap darah. Untuk bertahan hidup nyamuk jantan akan memakan sari-sari tumbuhan. Hanya nyamuk betina yang menghisap darah. Tujuan nyamuk betina menghisap darah adalah untuk membantu mematangkan sel telur nya. oleh karena itu ketika nyamuk betina Aedes ingin bertelur dia akan aktif menghisap darah. Dan nyamuk aedes punya kebiasaan buruk yaitu tidak hanya menghisap darah satu orang tapi menghisap darah beberapa orang, jadi berpindah-pindah. Dari aktivitas nyamuk betina menghisap darah inilah kenapa bisa terjadi penularan virus dengue dari seorang penderita ke orang sehat di sekitarnya.

Berapa lama umur aedes aegypti?

Umur atau usia nyamuk aedes aegypti yaitu 21 hari. Dengan kisaran 15 sampai 65 hari. Ketika nyamuk aedes terinfeksi virus dengue maka butuh 8 sampai 12 hari virus tersebut melakukan perkembangbiakan di tubuh nyamuk sebelum nyamuk tersebut dapat menularkan nya ke orang lain.

Sel apa saja yang diserang oleh virus dengue di dalam tubuh manusia?

Sel yang diserang atau dirusak oleh virus dengue di dalam tubuh manusia yaitu sel dendritik, makrofag, hepatosit, dan sel endotelial.

Berapa lama penderita DBD sembuh dari penyakit DBD?

Perjalanan penyakit DBD cukup singkat yaitu antara 7 sampai 10 hari. Setelah itu penderita akan sembuh sempurna tanpa cacat yang menetap. Hal ini bisa terjadi karena virus dengue yang jumlahnya sangat banyak di dalam tubuh perlahan-lahan akan dilenyapkan oleh daya tahan tubuh manusia.

Apa ciri-ciri virus dengue?

Virus dengue sangat kecil sehingga tidak bisa dilihat oleh mata bahkan oleh mikroskop sekalipun. Virus ini hanya dapat divisualisasikan dengan mikroskop elektron dengan perlakuan tertentu. Bentuk virus dengue bulat dengan beberapa tonjolan di permukaan nya. Sedangkan materi genetik virus dengue bukanlah DNA tapi RNA. virus dengue masih berkerabat dekat dengan virus demam kuning, virus chikungunya, virus zika, dan lain-lain.

Apakah virus dengue juga dapat ditularkan oleh nyamuk Malaria?

Sampai saat ini nyamuk yang diketahui menularkan virus dengue hanya nyamuk aedes aegypti maupun Aedes albopictus. Nyamuk Malaria atau nyamuk biasa lainnya tidak dapat menularkan virus dengue. Kenapa demikian? karena sel-sel di dalam tubuh nyamuk aedes aegypti dapat memfasilitasi perkembangbiakan virus dengue. Sedangkan sel di tubuh nyamuk Malaria atau anopheles dan nyamuk nyamuk lainnya virus dengue tidak dapat berkembang biak. Jadi walaupun nyamuk tersebut menghisap darah yang mengandung virus dengue virus dengue nya akan mati dan tidak akan ditularkan ke orang lain walaupun nyamuk tersebut menggigit orang sehat di sekitarnya.

Bagaimana mencegah penularan penyakit DBD?

Cara mencegah penyakit DBD antara lain adalah menghindarkan diri dari gigitan nyamuk aedes. Langkah kedua adalah menurunkan populasi nyamuk aedes.

Cara untuk menghindarkan diri dari gigitan nyamuk bisa dengan menggunakan kelambu atau lotion anti nyamuk. Tindakan ini paling utama dilakukan pada pagi dan sore hari karena pada saat-saat itulah nyamuk aedes aktif menggigit.

Langkah utama dan paling penting dalam mengendalikan penyakit demam berdarah dengue adalah mengendalikan populasi nyamuk sehingga tetap rendah. Dulu orang-orang menggunakan fogging atau pengasapan untuk menurunkan jumlah nyamuk aedes. Tetapi sekarang diketahui bahwa pengasapan tidak efektif karena hanya membunuh nyamuk dewasa saja dan saat ini banyak nyamuk dewasa yang sudah kebal terhadap pengasapan. Oleh karena itu tumpuan harapan hanyalah pemberantasan jentik. Salah satunya dengan gerakan 3M plus, yaitu menutup menguras dan membuang sampah sampah yang dapat menampung air hujan. Selain itu perlu dilakukan penaburan bubuk abate.

Gerakan pemberantasan jentik umumnya berhasil jika pemerintahan desa atau dusun atau RT mengangkat orang-orang yang khusus bertugas untuk membasmi jentik. Disebut dengan jumantik atau jurbastik, singkatan dari juru pemantau jentik atau juru pembasmi jentik.

Dede beberapa daerah yang mampu mengendalikan jumlah jentik biasanya angka kejadian demam berdarah dengue relatif rendah. Sebaliknya daerah-daerah yang tidak melakukan pemberantasan jentik dengan baik angka kejadian DBD nya lebih tinggi.

Bagaimana cara pengobatan pasien DBD?

Pasien DBD diobati menurut gejala yang muncul. Kenapa demikian, karena sampai saat ini belum ada obat khusus untuk membunuh virus dengue.

Gejala panas penderita DBD diobati dengan pemberian paracetamol. Sedangkan gejala kekurangan cairan diatasi dengan pemberian infus dan minum yang banyak. Jika trombosit penderita DBD sangat rendah dilakukan transfusi trombosit. Sedangkan jika penderita DBD mengalami anemia akibat perdarahan hebat maka dilakukan transfusi darah.

Apa ciri-ciri bintik merah pada pasien DBD?

Ciri-ciri bintik merah pada pasien DBD adalah jika ditekan dengan ujung jari bintik tersebut tidak akan hilang. bintik-bintik merah DBD biasanya ditemukan di lipatan tangan, di dada, dan di muka. Bintik-bintik biasanya muncul pada hari ketiga demam dan bertahan selama 2 sampai 3 hari.

Apa yang disebut dengan pola demam pelana kuda?

Pola demam pelana kuda adalah pola demam di mana demam sangat tinggi lalu turun kemudian meninggi kembali. Jadi jika digambar kan dengan grafik maka garis grafiknya akan melengkung menyerupai pelana kuda. Banyak orang yang keliru menafsirkan pola demam ini. Ketika suhu tubuh turun disangkanya pasien DBD sudah sembuh padahal pasien bersiap-siap memasuki fase kritis. Gambaran demam pelana kuda saat ini sudah sulit ditemukan karena pemberian obat penurun panas yang mengubah pola demam pasien.

Apa yang disebut tes tourniquet?

Tes tourniquet adalah salah satu tes untuk menentukan apakah seseorang terkena DBD atau tidak. Tes ini dilakukan pertama dengan mengukur tekanan darah penderita. Misalkan ditemukan tekanan darah 120/90 mmhg. Maka tes dilakukan pada tekanan 115 mmhg. Tekanan ini dipertahankan selama 10 menit. Setelah 10 menit kemudian diperhatikan apakah ada bintik-bintik perdarahan di lengan bagian lipatan. Jika bintik-bintik tersebut cukup banyak berarti ada kemungkinan pasien tersebut menderita DBD.
Base terunik red disebut juga tes Rumple Leed atau tes tahanan kapiler.

Apa ciri-ciri dengue shock syndrome atau DSS?

Ciri-ciri dengue shock syndrome atau DSS adalah ditemukan tanda-tanda berikut:
Hipertensi atau tekanan darah sangat rendah
Bradikardi atau denyut nadi yang sangat lambat. kadang-kadang ditemukan juga tanda sebaliknya yaitu takikardi atau denyut nadi yang lebih cepat akibat dari syok hipovolemik atau syok yang terjadi karena volume darah yang berkurang.
Hepatomegali atau pembesaran hati
Hipotermia atau suhu tubuh turun dari normal
Rentang tekanan darah yang sangat rendah kurang dari 20 mmhg misalnya hanya 90/ 80.
Adanya tanda-tanda perfusi perifer yang menurun yaitu anggota tubuh dingin dan berwarna kebiruan.

Apa fungsi pemeriksaan hematokrit pada penderita DBD?

Hematokrit adalah konsentrasi bahan padat di dalam darah. Jika cairan berkurang maka konsentrasi bahan padat dalam hitungan persen akan meningkat. Oleh karena itu pada penderita DBD biasanya terjadi hemokonsentrasi dimana terjadi peningkatan 20%.

Mengapa pasien DBD ada yang di periksa USG?

Pemeriksaan USG biasanya dilakukan pada wanita hamil. Tetapi pemeriksaan USG juga bisa dilakukan pada penderita DBD untuk memantau perjalanan penyakit. Tujuan pemeriksaan USG yaitu untuk melihat apakah ada penumpukan cairan di rongga dada dan rongga perut. Selain itu untuk melihat apakah ada penambahan cairan di rongga jantung. Juga untuk melihat apakah ada penebalan pada dinding kandung empedu.

Apa ciri-ciri penyakit DBD yang berat?

Penyakit DBD berat jika diperoleh salah satu atau beberapa dari tanda berikut:

Tes tourniquet positif
Ditemukan gejala petekie, ekimosis, atau purpura. Arti dari gejala-gejala ini adalah adanya perdarahan di bawah kulit.
Adanya perdarahan di selaput lendir, di saluran cerna, atau di tempat suntikan.
Adanya gejala muntah darah atau hematemesis, berak darah atau Melena, dan trombositopenia yaitu kurangnya kadar trombosit dibawah 100.000 per mikroliter darah.
Adanya bukti kebocoran plasma darah akibat meningkatnya permeabilitas pembuluh darah. Kebocoran plasma ditandai oleh meningkatnya nilai hematokrit diatas 20%, atau adanya penumpukan cairan di rongga dada atau perut.

Apa ciri-ciri penyakit demam berdarah yang sangat berbahaya?

Ciri-ciri penyakit demam berdarah yang sangat berat dan masuk dalam kategori bahaya jika
Nadi cepat namun lemah
Rentang batas atas dan batas bawah tekanan darah atau disebut juga sistolik dan diastolik kurang dari 20 mmhg.
Tekanan darah sangat rendah
Kulit keriput dan dingin
Kondisi kesadaran menurun

Penyakit demam berdarah berat ini harus segera dibawa ke rumah sakit dan dilakukan tindakan jika tidak dapat membahayakan hidup pasiennya.

Obat-obat apakah yang tidak boleh diberikan pada pasien demam berdarah?

obat-obat berikut sebaiknya tidak diberikan kepada pasien demam berdarah yaitu obat obat penurun panas seperti aspirin atau ibuprofen. Selain itu tidak boleh diberikan kortikosteroid misalnya hidrokortison atau dexamethasone.

Apa perbedaan bintik merah pada gigitan nyamuk dan bintik merah akibat penyakit DBD?

Bintik merah pada gigitan nyamuk jika direnggangkan atau ditekan maka akan memudar atau menghilang. Sedangkan bintik merah pada penyakit DBD walaupun ditekan atau diregangkan tidak akan menghilang. Hal ini terjadi karena bintik merah pada DBD dihasilkan oleh perdarahan sedangkan bintik merah pada gigitan nyamuk dihasilkan karena pelebaran pembuluh darah.

Berapa jumlah kasus DBD di seluruh dunia dan negara mana saja yang banyak menderita penyakit DBD?

Kasus DBD diperkirakan sebanyak 390 juta infeksi setiap tahun di seluruh dunia. Walaupun demikian hanya 96 juta yang muncul sebagai penyakit selebihnya infeksi DBD yang tidak bergejala.

Negara-negara yang mempunyai banyak penderita DBD antara lain adalah India, Asia tenggara, Cina Selatan, Taiwan, kepulauan Pasifik, kepulauan Karibia, Meksiko, Afrika Amerika tengah, dan Amerika Selatan.

Di mana saja nyamuk aedes aegypti dapat berkembang biak?

Nyamuk aedes aegypti berkembang biak di air bersih terutama air hujan. Baik di bak penampungan yang airnya banyak maupun di tempat-tempat yang airnya hanya beberapa mililiter. Contoh tempat berkembang biak nyamuk aedes antara lain adalah pelepah pohon, tempurung kelapa, botol minuman bekas, penampungan dispenser, air hujan yang tergenang di wadah plastik atau logam, dan sebagainya.

Apakah bubuk abate ampuh untuk membasmi jentik nyamuk aedes aegypti?

Bubuk abate jika digunakan dengan benar dapat mencegah pertumbuhan jentik nyamuk aedes aegypti 2 sampai 3 bulan.

Cara pemakaiannya adalah dengan menaburkan ke dalam bak mandi terutama bak yang jarang dikuras. Setelah ditaburkan maka tidak boleh dibersihkan dengan cara digosok dindingnya karena di situlah bubuk abate melengket. Jika ada nyamuk bertelur maka telurnya kemudian akan berubah menjadi jentik atau larva. Jentik ini ketika berenang akan menyentuh dinding bak yang sudah ada abatanyr maka jentik akan mati.

Bagaimana cara mencegah gigitan nyamuk aedes aegypti?

Jika memungkinkan anda berada di pemukiman yang sangat padat.
Gunakan lotion anti nyamuk meskipun berada di dalam rumah.
Jika keluar rumah gunakan baju lengan panjang dan celana atau rok yang menutup sampai ke kaki.
Usahakan ventilasi dan lubang-lubang di dalam rumah diberi kasa nyamuk sehingga nyamuk tidak bisa masuk.
Gunakan kelambu ketika tidur.
Jangan gantung pakaian sembarangan karena dapat menjadi tempat istirahat nyamuk.

Berapakah kasus penyakit DBD di Indonesia setiap tahun?

Kasus DBD di Indonesia naik turun setiap tahunnya. Kasus 3 tahun terakhir yaitu pada tahun 2016 ada 204.171 kasus, pada tahun 2017 sebanyak 68.407 kasus, dan pada tahun 2018 terjadi 53.075 kasus. Tetapi pada Januari 2019 terjadi peningkatan kasus yang sangat signifikan yaitu 15.132 kasus dengan angka kematian 145 jiwa di seluruh Indonesia.

Bagaimana pencegahan penyakit DBD?

Pencarian vaksin untuk mencegah penyakit DBD telah dimulai sejak puluhan tahun yang lalu. Tetapi sampai saat ini belum ditemukan vaksinnya yang baik untuk penyakit tersebut. Who menekankan bahwa vaksin walaupun ditemukan bukanlah cara yang efektif untuk mencegah penyakit ini. Cara terbaik untuk mencegah penyakit DBD adalah mengurangi populasi nyamuk dan menghindarkan manusia terpapar oleh gigitan nyamuk. Oleh karena itu kebersihan lingkungan dan keberadaan juru pemantau jentik atau juru pembasmi jentik sangat diperlukan. Berkurangnya populasi nyamuk akan menurunkan jumlah kasus DBD di sebuah wilayah. Tapi sayangnya hal ini sering belum dipahami oleh masyarakat. Masyarakat masih mengharapkan dan mengandalkan fogging atau pengasapan. Padahal fogging bukanlah cara efektif untuk membasmi nyamuk. Fogging hanya membunuh nyamuk dewasa saja dan saat ini semakin banyak nyamuk yang kebal terhadap fogging. Itulah sebabnya pasca poging biasanya populasi nyamuk akan menurun sebentar lalu naik kembali seperti semula.

Apa yang dimaksud dengan trombositopenia yang sering terjadi pada penyakit DBD?

Trombositopenia adalah kondisi dimana kadar trombosit lebih rendah dari normal yaitu dibawah 100.000 per ml darah. Trombosit sendiri adalah sel yang berguna untuk mencegah perdarahan. Jika kadarnya berkurang maka perdarahan spontan dapat terjadi dengan mudah. Itulah sebabnya mengapa pasien DBD cenderung mengalami perdarahan baik perdarahan bawah kulit mimisan, perdarahan saluran cerna dan perdarahan bagian tubuh lainnya.

Kadar trombosit normal adalah antara 150.000 sampai dengan 400.000 per ml darah.

Apa perbedaan nyamuk aedes aegypti dan nyamuk aedes albopictus?

Nyamuk ini sama-sama mempunyai corak belang hitam dan putih seperti zebra. Dari anatomi tubuh nya yang paling bisa dibedakan adalah pada dahinya. Jika ada 1 garis putih tebal di tengah maka itu adalah aedes albopictus. sedangkan jika ada dua garis tipis agak ke kiri dan ke kanan maka itu adalah aedes aegypti. Nyamuk aedes aegypti biasanya senang tinggal di pemukiman padat di daerah perkotaan. sedangkan nyamuk aedes albopictus lebih senang di daerah yang jarang penduduknya, banyak semak belukar atau hutan. Walaupun dapat juga menularkan penyakit DBD tapi Aedes albopictus lebih kecil kemungkinannya dibandingkan dengan aedes aegypti.

Setiap berapa lama dianjurkan untuk menguras bak mandi atau tempat-tempat air lainnya?

Tempat air atau bak mandi sebaiknya dikuras setiap 7 hari atau 1 minggu. tujuannya adalah agar larva atau jentik nyamuk aedes tidak sempat berkembang biak menjadi nyamuk dewasa sudah keburu dikuras. Jika terlambat dikuras makan jentik akan menjadi nyamuk dewasa dan hal ini akan menambah populasi nyamuk aedes. Jika tempat air atau bak mandi sulit untuk dikuras maka dapat di taburi dengan bubuk abate. Bubuk abate dapat didapatkan secara gratis di Puskesmas atau dibeli dengan harga yang cukup murah di apotek atau toko obat.

Kapan masa kritis penyakit DBD?

Masa kritis penyakit DBD biasanya berlangsung pada hari ke-3 sampai hari ke-5 dihitung dari mulai terjadinya demam. Pada masa ini dapat terjadi perdarahan hebat atau keluarnya banyak cairan dari dalam pembuluh darah. Jika tidak ditangani maka dapat terjadi tekanan darah sangat menurun sehingga oksigen dan makanan ke seluruh tubuh akan berkurang. Kondisi darurat ini harus segera diatasi dengan cara memasukkan penderita ke rumah sakit. Dokter biasanya akan segera melakukan penambahan cairan melalui infus dan jika perlu melakukan transfusi darah. Penyakit DBD parah dan berat yang sudah masuk masa kritis yang terlambat diobati dapat berbahaya bagi penderitanya.

Adakah obat tradisional untuk menyembuhkan penyakit DBD?

Beberapa obat tradisional seperti jus jambu biji dan pepaya diklaim dapat meringankan penyakit DBD. Selain itu buah-buahan yang banyak mengandung vitamin c juga diduga bermanfaat. Sah-sah saja menggunakan obat tradisional tersebut. Tetapi jangan hanya mengandalkan nya sendirian. Penderita tetap harus dirawat secara medis. Sehingga jika kondisi semakin gawat dan para tindakan medis berupa transfusi atau infus cairan dapat dilakukan segera. Keterlambatan pengobatan medis pada penderita DBD yang berat atau masuk fase kritis dapat berakibat buruk bagi penderitanya.

Obat demam berdarah di apotek apa namanya?

Tidak ada obat khusus untuk membunuh virus penyebab demam berdarah di apotik sekalipun. Penderita demam berdarah biasanya hanya diberi obat berupa Paracetamol untuk mencegah nyeri kepala dan demam. Selebihnya tindakan lebih kepada mencegah terjadinya perdarahan dan penurunan volume darah. Hari ini lazimnya dilakukan di rumah sakit bukan di rumah pasien sendiri.

Apa saja fase-fase perjalanan penyakit demam berdarah?

Penyakit demam berdarah mempunyai tiga fase. Fase pertama disebut juga dengan fase demam. Fase ini berlangsung sekitar 5 sampai 7 hari. Pada fase demam ditemukan berbagai macam gejala penyakit seperti panas tingg i sakit kepala di belakang mata, kepala pusing mual dan muntah. Kedua adalah fase kritis. Pada fase ini terjadi kebocoran pembuluh darah sehingga cairan dapat lebih mudah keluar. Selain itu dapat muncul perdarahan spontan. Pada fase ini biasanya suhu tubuh turun sehingga sering menipu seolah-olah ini adalah fase penyembuhan. Karena demikian maka banyak pasien yang meninggal gara-gara tidak sadar bahwa sedang memasuki fase kritis. Fase ketiga adalah fase penyembuhan. Biasanya fase ketiga ini terjadi mulai 2 hari atau 3 hari setelah fase kritis. Pada fase ini cairan yang bocor keluar dari pembuluh darah akan kembali ke dalam darah. Kadar trombosit juga akan meningkat secara cepat sehingga resiko perdarahan semakin berkurang atau tidak terjadi sama sekali. walaupun demikian setiap pasien bisa saja mempunyai variasi dalam fase-fase perjalanan penyakit DBD ini. Mungkin ada pasien yang daya tahan tubuhnya baik tidak jatuh ke dalam fase kritis.

Seberapa tinggi suhu tubuh pasien penderita DBD?

Jika diukur dengan termometer kadang-kadang demam pada penderita DBD bisa mencapai 39 sampai 41 derajat Celcius. Untuk mengatasi demam ini sebaiknya minum Paracetamol jangan minum obat ibuprofen. Ibuprofen dapat memperburuk resiko perdarahan sedangkan Paracetamol tidak. Selain itu pada fase demam tinggi ini pasien sebaiknya minum cairan lebih banyak. untuk mengurangi demam jangan minum cairan yang dingin atau es tapi usahakan minum cairan yang hangat atau makanan yang hangat. pasien juga dapat di kompres dengan air hangat di dahi di dada atau di ketiak.

Apakah penyakit DBD bisa menimbulkan cacat?

Hampir semua penyakit DBD jika mampu melewati masa kritis dapat sembuh sempurna tanpa ada cacat yang ditinggalkannya. Oleh karena itu tidaklah mengherankan jika ada seseorang yang dirawat di rumah sakit dengan DBD beberapa hari kemudian terlihat segar bugar.

Bagaimana membedakan penyakit DBD dengan chikungunya?

Kedua penyakit ini memang hampir serupa terutama pada hari-hari pertama mulai munculnya penyakit. Gejala utama keduanya adalah demam, sakit kepala, dan nyeri otot dan persendian. Tetapi perbedaan mencolok di antara keduanya adalah pada penyakit DBD lebih kepada manifestasi perdarahan dan keluarnya cairan dari pembuluh darah. Sedangkan penyakit chikungunya lebih kepada nyeri sendi yang sangat hebat bahkan kadang-kadang penderitanya seolah-olah lumpuh tidak dapat bergerak. Penyakit chikungunya jarang berbahaya bagi penderitanya. Tetapi penyakit ini dapat berlangsung lebih lama dan bahkan berbulan-bulan terutama nyeri sendi. Lain halnya dengan DBD di mana proses sembuhnya lebih cepat. Sebagai informasi tambahan penyakit chikungunya disebabkan oleh virus chikungunya yang juga ditularkan oleh nyamuk aedes.

Apa etiologi penyakit DBD?

Etiologi artinya penyebab. Jadi etiologi penyakit DBD adalah virus dengue yang ditularkan oleh nyamuk aedes. Virus dengue termasuk virus golongan RNA.

Minuman apa saja yang dianjurkan diberikan kepada penderita DBD agar terhindar dari dehidrasi?

Tanda banyak minuman yang boleh diberikan dan pemilihan jenis nya tergantung kepada selera anak. Contoh larutan nya antara lain larutan gula garam, sirup, susu , teh, jus buah dan oralit.

Kapan anak atau penderita DBD di infus?

Jika penderita selalu muntah-muntah sehingga tidak bisa minum cairan yang diberikan lewat mulut. Selain itu jika ditemukan pemeriksaan laboratorium hematokrit lebih dari 20%.


Kapan pasien boleh pulang dari rumah sakit setelah menderita DBD?

Pasien boleh pulang dari rumah sakit jika memenuhi beberapa kriteria berikut

Sudah tidak demam lagi setelah 24 jam
Nafsu makan kembali membaik
Anak sudah nampak lebih segar dan lebih sehat
Hematokrit nya sudah stabil tidak naik lagi
Jika sebelumnya ada syok hipovolemik maka di tunggu 3 hari lebih dahulu jadi tidak boleh dipulangkan dibawah 3 hari setelah syok hipovolemik.
Jumlah trombosit terakhir adalah lebih dari 150.000 ml darah.

Apa yang dimaksud dengan pengobatan antipiretik untuk pasien DBD?

Antipiretik disebut juga anti demam atau anti panas. Obat antipiretik pilihan pada penderita DBD adalah paracetamol.

Apa perbedaan demam dengue dengan demam berdarah dengue?

Demam dengue adalah demam yang tidak disertai dengan gejala gejala perdarahan. Sedangkan demam berdarah dengue adalah demam yang disertai dengan gejala perdarahan baik perdarahan bawah kulit, mimisan atau perdarahan saluran cerna.

Baik demam dengue maupun demam berdarah dengue sama-sama disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan oleh nyamuk aedes aegypti. Tetapi karena faktor daya tahan tubuh maka ada orang yang hanya mengalami demam saja tanpa ada gejala perdarahan. Kondisi ini disebut dengan demam dengue. Ada orang yang daya tahan tubuhnya terganggu maka dapat muncul penyakit yang lebih berat yaitu demam berdarah dengue. Pada sebagian kecil orang tidak hanya sampai demam berdarah dengue tapi lebih parah lagi yaitu disebut dengue shock syndrome. Dengue shock syndrome atau biasa disingkat DSS terjadi penurunan tekanan darah yang drastis dan perdarahan yang hebat. DSS jika tidak segera diobati dapat berbahaya bagi pasien.

Apakah penyakit DBD bisa kambuh?

Ketika sudah sembuh maka penyakit DBD sudah sembuh sempurna. Virus tidak ditemukan lagi di dalam tubuh karena sudah dilenyapkan oleh sistem daya tahan tubuh. Oleh karena itu penyakit DBD secara teori tidak mungkin kambuh. Tetapi jika di lain waktu seseorang kena gigitan nyamuk yang di dalam nyamuk tersebut ada virus dengue maka tidak menutup kemungkinan dia akan terinfeksi kembali. Tapi ini tidak dinamakan kambuh karena ini adalah kasus baru dengan virus dengue yang lainnya.

Apa pertolongan pertama untuk penyakit demam berdarah dengue terutama pada anak?

Pertama, anak diberi obat penurun panas lebih dahulu yaitu paracetamol mungkin sebaiknya dalam bentuk sirup. Kedua, anak diusahakan tetap minum kalau perlu lebih banyak dari biasanya. Minumnya boleh air putih sirup atau jus atau minuman lain yang disukai oleh anak. Jika kemudian anak ditemukan bintik bintik merah disekujur tubuhnya atau muncul mimisan atau anak semakin lemah maka harus segera dibawa ke rumah sakit. Di rumah sakit dokter akan melakukan pemberian cairan dan pemeriksaan kadar trombosit dan hematokrit. Jika diperlukan dokter mungkin melakukan transfusi darah atau transfusi trombosit.

Apa perbedaan bintik merah DBD dengan bintik merah biang keringat atau penyakit campak?

Bintik merah pada penyakit DBD merupakan hasil dari pecahnya pembuluh darah kecil di bawah kulit. Sedangkan pembentuk darah pada biang keringat karena pelebaran pembuluh darah demikian pula pada penyakit campak. oleh karena itu bintik merah pada penyakit DBD biasanya tidak hilang walaupun sudah ditekan dengan ujung jari. Berbeda dengan bintik merah pada biang keringat atau penyakit campak akan memudar jika ditekan atau diregangkan.

Bagaimana cara menghilangkan bintik merah pada DBD?

Bintik merah pada DBD biasanya akan hilang dengan sendirinya jika kadar trombosit didalam darah penderita meningkat. Peningkatan kadar trombosit dapat dilakukan dengan transfusi trombosit. Sampai saat ini belum ada salep atau obat-obatan yang bisa diminum untuk menghilangkan bintik merah pada DBD.

Penyakit DBD sembuh dalam berapa hari?

Penyakit DBD biasanya berlangsung sekitar 7 hari dihitung dari awal demam. Setelah itu penyakit DBD berangsur-angsur sembuh dan biasanya sembuh sempurna setelah 2 minggu.

Apa tanda-tanda demam berdarah mulai sembuh?

Tanda-tanda demam berdarah mulai sembuh adalah demam semakin turun, trombosit meningkat, bintik merah menghilang, sakit kepala menghilang, dan penderita merasa lebih baik.

Betulkah pasien DBD boleh minum oralit?

Ya cairan pengganti untuk pasien DBD yang mengalami kekurangan cairan atau dehidrasi dapat diberikan oralit atau minuman isotonik lainnya.

Berapa kadar trombosit sehingga pasien harus di rawat inap di rumah sakit?

Jika kadar trombosit dibawah 100.000 maka sebaiknya pasien mendapat perawatan di rumah sakit. Tetapi walaupun di atas 100.000 jika ada tanda-tanda berupa gangguan kesadaran mual muntah sehingga tidak bisa makan atau minum dan hematokrit meningkat drastis maka pasien tetap harus dirawat di rumah sakit.

Bolehkah pasien DBD mandi?

Pasien DBD boleh saja mandi jika ingin tapi sebaiknya dengan air hangat. Kalau mandi menggunakan air dingin bisa bisa setelah mandi demamnya akan meningkat drastis.

Apa pantangan untuk penderita demam berdarah?

Penderita demam berdarah tidak boleh minum sembarang obat penurun panas. Obat yang dipantang adalah aspirin dan ibuprofen. selain itu penderita demam berdarah tidak boleh minum obat seperti dexamethasone atau hidrokortison.

Penderita demam berdarah juga jangan sampai kekurangan cairan. Sebaiknya penderita minum cairan lebih banyak misalnya larutan oralit, sirup, jus dan sebagainya.

Sebaiknya penderita demam berdarah juga menghindari tindakan atau perilaku yang dapat memancing munculnya perdarahan pada anggota tubuh.

Yuk kunjungi channel kami



Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

BACA JUGA

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar