Kamis, 27 Juni 2019

TEKANAN DARAH 130/90 APAKAH NORMAL?

Tekanan darah manusia dapat dikategorikan setidaknya kepada empat tingkatan. Tingkatan pertama adalah tekanan darah yang normal. Tingkatan kedua tekanan darah meningkat. Tingkatan ketiga tekanan darah tinggi tingkat 1. Dan terakhir tingkatan keempat adalah tekanan darah tinggi atau hipertensi tingkat 2.

Pertanyaannya tekanan darah 130/90 apakah normal? Masuk tingkatan mana tekanan darah tersebut?

Tekanan darah disebut normal jika tekanan terukur berada di bawah 120/80. Jadi tekanan 110/70 misalnya, masuk kategori normal.

Tekanan darah disebut meningkat atau peralihan dari normal ke hipertensi jika berada diantara 120-129 (untuk angka di atasnya, sistolik). Sedangkan untuk angka di bawahnya berada kurang dari 80 mmHg. Tekanan darah peralihan atau perbatasan ini masuk dalam kategori yang perlu mendapat perhatian karena jika tidak dikelola dengan baik akan berlanjut menjadi hipertensi.

Tekanan darah masuk kategori hipertensi tingkat 1 jika terukur berada antara 130 / 80 sampai 139 / 89.  Disebut kategori hipertensi tingkat 2 jika tekanan darah sama dengan atau di atas 140/90 mmHg.

Jika kita melihat kriteria di atas maka dapat disimpulkan bahwa tekanan darah 130/90 masuk ke dalam hipertensi grade 1. Walaupun berada pada batas paling bawahnya.

Hipertensi jenis ini biasanya gejalanya samar dan tidak dirasakan oleh pasien. Jika tidak dikelola dengan baik dapat semakin parah dan berlanjut menjadi hipertensi tingkat 2. Sebaliknya jika dikelola dengan baik misalnya dengan perubahan pola makan sehingga pola makan menjadi lebih sehat atau berolahraga secara rutin maka bukan tidak mungkin tekanan darah kembali ke nilai normal.

Demikian semoga bermanfaat.

Yuk kunjungi channel kami



Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

BACA JUGA

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar