RUMUS TAKSIRAN PERSALINAN

Bagaimana cara yang paling tepat untuk memperkirakan tanggal persalinan atau tanggal kelahiran? Apakah ada rumus taksiran persalinan yang akurat?

Tanggal taksiran persalinan dapat diperkirakan menggunakan sebuah rumus yang disebut rumus Naegle. Rumus ini sangat sederhana siapapun bisa menggunakannya dan menghitungnya dengan mudah. 

Modal utama rumus ini adalah tanggal HPHT, satu singkatan dari Hari Pertama Haid Terakhir. Jika HPHT sudah diketahui maka taksiran persalinan sudah dapat dihitung. 

Misalkan HPHT Ibu adalah 1 Juli 2020. Artinya pada tanggal 1 Juli ini adalah hari pertama mulainya haid dan setelah itu Ibu tidak mendapatkan haid lagi. Cara menghitung taksiran kelahirannya demikian:

Hari ditambah 7,  bulan dikurang 3, tahun ditambah 1.

Oke kita coba masukkan ya. Untuk hari berarti 1 + 7 = 8. Untuk bulan berarti 7 - 3 = 4. Untuk tahun berarti 2020 + 1 = 2021. Maka taksiran persalinan Ibu adalah 8-4-2021, atau 8 April 2021. 

Sangat mudah bukan untuk memperkirakan kapan kira-kira ibu melahirkan. Tapi perlu diketahui bahwa ini hanya taksiran belaka. Tidak ada jaminan 100% bahwa kelahiran terjadi pada tanggal tersebut. Bisa jadi bergeser menjadi lebih cepat atau lebih lambat. Walaupun demikian pergeserannya biasanya tidak begitu jauh. Oleh karena itu tanggal tersebut tetap dapat digunakan untuk berjaga-jaga atau mempersiapkan proses persalinan dan kelahiran menyambut bayi. 


Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar