Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nama Virus Leptospirosis

"Halo dok, izin bertanya apa nama virus leptospirosis?"

Sebelum kami menjawab maka kami ingin meluruskan terlebih dahulu bahwa penyakit leptospirosis atau penyakit kencing tikus bukan disebabkan oleh virus. Penyakit leptospirosis disebabkan oleh sejenis bakteri. 

Apakah virus dan bakteri berbeda?

Iya tentu saja walaupun keduanya dapat menyebabkan penyakit pada manusia. Virus biasanya bekerja dengan cara membajak sel manusia dan menggunakannya sebagai mesin untuk memperbanyak diri. Contoh virus penyebab penyakit antara lain virus HIV, virus polio, virus hepatitis, dan lain sebagainya. 

Ukuran virus juga sangat kecil jauh lebih kecil dibandingkan dengan bakteri. Walaupun keduanya secara kasat mata tidak bisa dilihat. Untuk melihatnya perlu alat yang disebut mikroskop. 

Adapun bakteri, perbedaan utamanya dibandingkan dengan virus, adalah bakteri memperbanyak diri dengan membelah diri. Bakteri berkembang biak dari satu sel membelah diri menjadi dua sel bakteri. Dari dua itu kemudian berkembang menjadi empat dan dari 4 berkembang menjadi 16, demikian seterusnya. 

nama virus leptospirosis

Sekali lagi penyebab penyakit leptospirosis bukanlah virus tetapi bakteri. Nama bakterinya adalah Leptospira interrogans

Bakteri leptospira berbentuk seperti spiral panjang dengan ukuran 0,5 mikrometer. Sangat kecil. Bakteri ini biasanya hidup di pembuluh ginjal hewan-hewan tertentu seperti tikus. Oleh karena itu, bakteri ini biasa ditemukan di air kencing beberapa hewan termasuk tikus. Itulah sebabnya penyakit leptospirosis juga disebut penyakit kencing tikus. 

Jika sudah masuk ke dalam air bakteri ini tidak langsung mati tapi dapat bertahan hidup cukup lama yaitu sekitar 1 bulan. Inilah alasan mengapa pada saat banjir penyakit leptospirosis kasusnya naik. Karena bakteri leptospira merambah ke mana-mana mengikuti air yang sedang melimpah. 

Proses penularannya biasanya terjadi jika seseorang ada luka dan kemudian secara tidak sengaja terkontaminasi oleh kencing tikus atau air yang mengandung bakteri leptospira. Bakteri leptospira kemudian akan masuk ke dalam tubuh manusia lewat luka tersebut dan berkembang biak memperbanyak diri di sekujur tubuh. 

Jika tidak segera diobati maka dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal dan berakibat fatal bagi nyawa penderitanya. 

Obat untuk penyakit leptospirosis cukup sederhana yaitu dengan antibiotik. Dengan pemberian antibiotik yang tepat pada waktu yang tepat yaitu pada saat penyakit belum terlalu parah biasanya menyebabkan pasien sembuh dengan baik. 

Demikian artikel "Nama Virus Leptospirosis" ini semoga bermanfaat. 

Posting Komentar untuk "Nama Virus Leptospirosis"