Stres atau Nggak?

Stres itu ada dua, stres yang disadari dan stres yang tak disadari.

Pada kasus pertama, orang yang stres sadar bahwa dirinya sedang stres. Untuk tipe seperti ini, punya pilihan apakah membiarkan stresnya atau mencari pengobatan.

Sedangkan pada kasus kedua, orang yang sebenarnya stres tidak tahu bahwa dirinya sedang stres. Dia merasa baik-baik saja. Disebut juga stres terselubung.

Stres terselubung biasanya terjadi karena gejala-gejalanya kurang signifikan alias kurang berat. Atau penderitanya sudah beradaptasi dan merasa biasa-biasa saja.

Untuk kasus yang kedua, penderita jarang mencari pengobatan. Toh ia merasa baik-baik saja. Tak ada yang salah dengan kesehatan mental emosionalnya.


Tahukah Anda siapa saja yang bisa mengalami stres terselubung?

Siapa saja bisa kena. Termasuk kita.

Kalau ga percaya, atau sekedar penasaran, silakan lakukan tes. Tak perlu ke psikolog atau ke spesialis jiwa. Cukup bermodal HP android dan sedikit paket kuota.

Jika ga mau repot membuka playstore, cukup klik taut berikut.

TES KESEHATAN JIWA (PlayStore)

Jangan khawatir, aplikasinya full gratis, dan 100% produk Indonesia dan berbahasa Indonesia. Kalau muncul bahasa Inggris, artinya settingan bahasa di HP Android Anda mesti diubah dulu ke Bahasa Indonesia. Saya buat versi Inggrisnya karena jaga-jaga ada Bule yang tertarik mau tau apa dia sedang stres atau ga.

Setelah terinstal, silakan lakukan tes.

Semoga hasilnya bagus alias Anda bebas dari gangguan mental emosional alias stres.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar