APAKAH DIABETES MENULAR MELALUI CIUMAN?

“Suami saya menderita diabetes. Apakah saya bisa ikut tertular? Apakah diabetes bisa menular melalui ciuman atau kontak erat lainnya?”

Penyakit diabetes atau kencing manis bukanlah penyakit menular. Oleh karena itu, penyakit diabetes tidak bisa berpindah dari seseorang ke orang lain, meskipun terjadi kontak sangat erat misalnya berciuman.

Diabetes tidak menular karena penyebab penyakit ini tidak menular. Penyebab penyakit diabetes antara lain akibat kerusakan organ pankreas yang memproduksi hormon insulin. Penyebab lainnya, hormon insulin yang diproduksi cacat sehingga tidak bisa berfungsi normal. Kedua penyebab tersebut sangat erat hubungannya dengan kondisi genetik dan atau pola makan serta pola hidup seseorang. Genetik dan pola hidup tak bisa ditularkan dari satu orang ke orang lain. Keduanya bersifat khas untuk orang tersebut saja.

Berbeda halnya dengan penyakit hepatitis, tuberkulosis, atau skabies alias kudisan. Penyakit hepatitis disebabkan oleh sejenis mikroorganisme yang disebut virus hepatitis. Sedangkan penyakit tuberkulosis disebabkan oleh mikroorganisme bernama bakteri Mycobacterium tuberkulosis. Skabies atau kudisan juga disebabkan oleh mikroorganisme, namanya parasit Sarcoptes scabei. Mikroorganisme tersebut di atas dapat berpindah dari satu orang ke orang lain lalu menyebabkan penyakit yang sama di orang lain tersebut.

Umumnya penyakit yang disebabkan oleh mikroorganisme baik virus, bakteri, atau parasit masuk kategori penyakit menular.

Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

BACA JUGA

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar