BOLEHKAH MINUM OBAT PENURUN PANAS SEBELUM MAKAN?

“Anak saya laki-laki usia 9 tahun mengalami demam tinggi sejak kemarin. Ia juga tidak mau makan. Pertanyaan saya adalah Bolehkah minum obat penurun panas sebelum makan?”

Boleh tidaknya minum obat penurun panas sebelum makan sangat tergantung kepada jenis obat penurun panas yang akan dikonsumsi.

Jika obat penurun panas tersebut adalah Paracsetamol atau asetaminofen maka tidak masalah. Obat penurun panas atau pereda demam jenis Parasetamol tidak menyebabkan iritasi lambung. Jadi walaupun diminum dalam keadaan perut kosong obat tersebut tidak menimbulkan penyakit maag atau gastritis.

Berbeda halnya dengan penurun panas jenis ibuprofen. Obat ini termasuk ke dalam golongan obat NSAID atau non steroid anti inflammation drugs. Salah satu ciri golongan obat NSAID adalah merusak lendir pertahanan lambung sehingga asam lambung leluasa iritasi dinding lambung. Dengan demikian memicu munculnya penyakit maag atau gastritis.

Obat golongan NSAID termasuk Ibuprofen lebih aman diminum pada saat lambung dalam keadaan terisi atau dengan kata lain diminum sesudah makan.

Aturan minum obat di atas berlaku baik bagi bayi, anak, ataupun dewasa. Pada bayi biasanya lebih disukai memberikan parasetamol ketimbang ibuprofen. Pemberian obat pada bayi sebaiknya setelah minum susu ASI.

Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

BACA JUGA

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar