Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyakit herpes disebabkan oleh apa? Ini dia biangnya!

Mungkin sudah pada tahu penyakit Herpes itu apa. Bagi yang belum tahu penyakit Herpes adalah salah satu penyakit kulit dengan ciri utama kulit melepuh seperti terisi cairan bening, kemudian timbul rasa sakit seperti terbakar dan sangat perih. Berbeda dengan penyakit kulit lainnya maka gambaran penyakit herpes biasanya tidak disertai dengan nanah. Kecuali jika sudah berlangsung lama dan sudah diinfeksi oleh bakteri. Kalangan medis biasanya menyebutnya sebagai infeksi sekunder. Sedangkan infeksi primernya sendiri adalah oleh herpes. 

Menjawab judul artikel ini yaitu penyakit Herpes disebabkan oleh apa? Maka jawabannya penyakit Herpes disebabkan oleh virus. Nama virus penyebab penyakit Herpes disebut virus Herpes simplex. Ada dua jenis tipe virus Herpes simplex yang sering mengenai manusia yaitu tipe 1 dan tipe 2. Tipe 1 biasanya ditularkan melalui sentuhan kulit, sedangkan tipe 2 biasanya ditularkan melalui adanya kontak hubungan kelamin di mana salah satu pelaku hubungan kontak tersebut adalah sedang menderita herpes kelamin. 

Kadang-kadang jika daya tahan tubuh kita kurang atau karena sesuatu sebab lain virus herpes ini dapat kambuh sewaktu-waktu. Oleh karena itu sebaiknya kenali pencetusnya sehingga dapat dihindari kekambuhannya di lain waktu. 

Untuk membunuh penyebab penyakit herpes dokter biasanya meresepkan obat-obat antivirus seperti asiklovir, valasiklovir, famsiklovir, pansiklopir. Sedangkan untuk meredakan rasa nyeri dengan sensasi seperti terbakar dokter biasanya memberikan obat pereda nyeri seperti Paracetamol atau ibuprofen. Jika muncul nanah yang artinya sudah terjadi infeksi lain oleh bakteri maka dibutuhkan antibiotik untuk meredakannya. 

Demikian artikel penyakit Herpes disebabkan oleh apa semoga bermanfaat bagi para pembaca sekalian, terima kasih. 

Posting Komentar untuk "Penyakit herpes disebabkan oleh apa? Ini dia biangnya!"