Proses Awal Terjadinya Kehamilan

Hal apa saja yang terjadi pada tahap proses kehamilan?

Pengetahuan mengenai hal apa saja yang terjadi pada awal-awal masa kehamilan sangat penting karena dapat membantu ibu memahami mengapa sampai saat ini ia belum juga hamil. 

Setidaknya ada 5 hal atau lima step yang harus dilalui sampai ai seorang wanita bisa hamil. Hal-hal tersebut antara lain adalah:

  1. Indung telur menghasilkan 1 telur matang
  2. Telur tersebut kemudian ditangkap oleh sebuah saluran yang disebut tuba Fallopi
  3. ada sperma yang masuk dan kemudian melalui rahim terus ke atas dan menuju tuba Fallopi untuk bertemu dengan sel telur yang matang
  4. Terjadi pembuahan sel telur oleh sperma di tuba Fallopi
  5. Sel telur yang dibuahi kemudian akan turun dan menempel di dinding rahim dan seterusnya berkembang menjadi janin. 

Apa saja yang menyebabkan gangguan pada langkah-langkah tersebut di atas dapat menyebabkan kemandulan atau ibu belum juga hamil. 

Contoh kondisi yang menyebabkan gangguan antara lain adalah gangguan hormon sehingga tidak muncul sel telur matang setiap bulan. Selain itu ditemukan gak gangguan atau kerusakan pada tuba Fallopi. selanjutnya adanya penyakit yang disebut endometriosis pada dinding rahim sehingga sel telur yang sudah dibuahi tidak bisa menempel. selain itu adanya polip pada rahim atau gangguan bentuk dari rahim juga dapat berperan terhadap kemandulan karena mencegah terjadinya implantasi atau penempelan sel telur yang sudah dibuahi di dinding rahim. 

Itu dari pihak perempuan. 

Sedangkan dari pihak laki-laki jika sperma yang masuk tidak mampu berenang dengan baik dan melewati perjalanan panjang menuju tuba Fallopi juga dapat menyebabkan kemandulan. 

Oleh karena itu bagi pasangan yang program hamil dan ingin punya momongan tapi belum juga dikaruniai maka dokter biasanya akan mengecek secara menyeluruh hal-hal yang berkenaan dengan langkah-langkah di atas. 


Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar