Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dengue Antigen NS1 Positif

Ceritanya, kita mau ngebahas soal Demam Berdarah Dengue (DBD). Jadi begini, DBD ini penyakit yang bikin bete abis karena disebabkan sama virus dengue yang emang suka bikin masalah. Virus jahat ini bisa masuk ke tubuh kita kalo kita digigit nyamuk Aedes aegypti yang udah terjangkit virus dengue juga. Nyamuknya punya ciri khas, dia suka ngadem di daerah agak gelap dan lembab, dan paling aktif di pagi hari ama sore hari, emang kebelet banget makan darah!

Kalau kita digigit nyamuk yang positif virus dengue, biasanya gejala DBD baru bermunculan dalam waktu 2-7 hari. Nih tanda-tandanya, mulai dari demam tinggi, sakit kepala, nyeri otot, ampe nyeri sendi. Eh, jangan pikir cuma berhenti di situ aja ya, bisa juga buat kita mual, muntah, dan diare yang bikin serasa di roller coaster. Kalau parahnya parah banget, bisa bikin perdarahan, syok, dan bahkan sampe mati.

Dengue Antigen NS1 Positif

Nah, untuk nyelidikin keberadaan virus dengue di dalam tubuh, ada pemeriksaan keren namanya Dengue Antigen NS1. Prosesnya dilakukan dari hari pertama ampe hari ketujuh setelah gejala DBD muncul. Jadi, kalo ada gejala yang mencurigakan, langsung cuss deh periksa ke dokter.

Cara pemeriksaannya simpel banget, orang lab cukup ambil sampel darah dan tinggal tes di laboratorium. Hasilnya biasanya keluar dalam waktu 24-48 jam. Kalau hasilnya, Dengue Antigen NS1 positif, besar kemungkinan kita emang kena DBD. Tapi tenang, gak berhenti di situ aja, selain antigen NS1 tetep perlu pemeriksaan lainnya buat pastiin diagnosisnya. Salah satunya, bisa juga pake pemeriksaan serologi dengue. Nah, pemeriksaan ini gunanya buat deteksi keberadaan antibodi terhadap virus dengue di dalam tubuh. Prosesnya mungkin agak lebih lama, kira-kira sekitar 7-14 hari baru keluar hasilnya.

Jadi, intinya nih, kalo ada tanda-tanda positif DBD atau gejala yang mencurigakan, langsung aja cek ke dokter. Gak usah ragu-ragu, kesehatan itu penting banget. Semoga gak ada yang kena DBD ya, tapi kalo emang ada, cepetan diobatin biar segera pulih!

Posting Komentar untuk "Dengue Antigen NS1 Positif"