Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dengue IgM dan IgG positif artinya apa? Ini jawabannya!

Mari kita bahas tentang demam berdarah dengue (DBD), sebuah penyakit serius yang ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti. Si nyamuk ini punya jadwal khusus untuk beraksi, biasanya dia aktif di pagi dan sore hari.

Gejala DBD muncul sekitar 3-14 hari setelah digigit nyamuk. Mulai dari demam tinggi, sakit kepala, nyeri otot, dan nyeri sendi. Nggak cuma itu, mual, muntah, dan ruam juga bisa muncul sebagai gejala tambahan.

Kalau DBD nggak segera diatasi, bisa berakibat buruk lho, kayak perdarahan, syok, bahkan bisa menyebabkan kematian.

Diagnosis DBD dilakukan dengan tes darah yang mengukur kadar antibodi, yaitu IgM dan IgG. IgM adalah antibodi yang muncul cepat setelah terinfeksi virus dengue, sekitar 2-7 hari. Sementara IgG muncul lebih lambat, biasanya dalam 2-3 minggu setelah infeksi.

Dengue IgM positif artinya apa?

Kalau hasil tes menunjukkan IgM positif, kemungkinan besar baru-baru ini kamu terinfeksi virus dengue. Bisa jadi infeksi kurang lebih seminggu yang lalu. 

Dengue IgG positif artinya apa?

Ini mirip dengan IgM positif, artinya kamu sudah terinfeksi oleh virus dengue. Bedanya, pada IgG positif, artinya infeksi sudah berlangsung lebih lama, bisa jadi setengah bulan atau bahkan sebulan yang lalu. Dan bisa jadi saat ini kamu sudah sembuh.

Tapi ingat, hasil tes IgG dan IgM yang positif di atas nggak selalu 100% akurat. Ada faktor lain yang bisa mempengaruhi hasil tes, seperti jika kamu pernah kena dengue sebelumnya, maka tubuhmu masih akan punya antibodi meskipun nggak lagi terinfeksi.

Kalo hasil tesnya positif, segera konsultasikan dengan dokter supaya bisa dapat diagnosis yang lebih pasti. Jangan anggap enteng soal ini ya, DBD bisa berbahaya.

Jaga diri dari gigitan nyamuk dengan menggunakan pakaian yang menutupi tubuh dan gunakan pengusir nyamuk. Selain itu, rajinlah menjaga kebersihan lingkungan agar nyamuk tidak berkembang biak. Semoga dengan pengetahuan ini, kita bisa lebih waspada dan melindungi diri dari DBD.

Posting Komentar untuk " Dengue IgM dan IgG positif artinya apa? Ini jawabannya!"