PERBEDAAN PIL KB ANDALAN DAN ANDALAN FE

“Saya lihat di pasaran dijual 2 macam pil KB Andalan yaitu Andalan biasa dan andalan Fe. Apa perbedaan pil KB Andalan dan Andalan Fe tersebut?”

Pil KB Andalan adalah Pil KB yang banyak dipakai oleh kaum Ibu Karena harganya sangat terjangkau, mudah didapat, dan khasiatnya mencegah kehamilan tak perlu diragukan lagi.

Di pasaran saat ini tersedia 2 jenis pil KB Andalan yaitu Andalan biasa yang bungkusnya berwarna biru dan pil KB Andalan FBe yang bungkusnya berwarna hijau.

Lalu apa perbedaan kedua pil KB Andalan tersebut?

Baik pil KB Andalan biasa maupun pil KB Andalan Fe sama-sama mengandung 28 butir pil. Sebanyak 21 butir pil adalah pil aktif yang mengandung ethinyl estradiol 0,03 mg dan levonorgestrel 0,15 mg. Ke 21 butir pil ini kandungannya sama baik pil KB Andalan biasa maupun pada pil KB Andalan Fe. Fungsi 21 butir pil aktif adalah untuk mencegah kehamilan melalui setidaknya tiga mekanisme yaitu mencegah ovulasi, menipiskan dinding rahim, dan mengentalkan lendir mulut rahim.

Perbedaan pil KB Andalan biasa dan Andalan Fe hanya terletak pada 7 pil sisanya. Pada pil KB Andalan biasa 7 pil tersebut tidak mengandung apa-apa, hanya mengandung tepung dan gula. Sedangkan pada pil KB Andalan Fe ketujuh pil tersebut mengandung zat besi atau ferrous fumarate. Fungsi zat besi ini adalah untuk mencegah anemia terutama bagi mereka yang haidnya banyak. Bersama darah haid biasanya keluar zat besi dalam bentuk ikatan dengan hemoglobin.

Oleh karena itu jika Ibu cenderung mempunyai haid yang melimpah dan nampak kekurangan darah maka Andalan Fe cocok untuk digunakan sebagai pil KB.

Perbedaan pil KB Andalan hijau dan biru
Macam-macam pil KB Andalan
Pil KB Andalan Fe tidak bikin gemuk
Gambar pil KB Andalan Fe
Harga pil KB Andalan Fe di apotik
Harga pil KB Andalan Fe tidak terlalu mahal hampir sama saja dengan pil KB Andalan biasa. Harganya per kotak berisi 2 blister di bawah Rp20.000.

Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

BACA JUGA

    1 komentar: