PERBEDAAN PIL KB ANDALAN DAN ANDALAN FE

“Saya lihat di pasaran dijual 2 macam pil KB Andalan yaitu Andalan biasa dan andalan Fe. Apa perbedaan pil KB Andalan dan Andalan Fe tersebut?”

Pil KB Andalan adalah Pil KB yang banyak dipakai oleh kaum Ibu Karena harganya sangat terjangkau, mudah didapat, dan khasiatnya mencegah kehamilan tak perlu diragukan lagi.

Di pasaran saat ini tersedia 2 jenis pil KB Andalan yaitu Andalan biasa yang bungkusnya berwarna biru dan pil KB Andalan FBe yang bungkusnya berwarna hijau. 


Lalu apa perbedaan kedua pil KB Andalan tersebut?

Baik pil KB Andalan biasa maupun pil KB Andalan Fe sama-sama mengandung 28 butir pil. Sebanyak 21 butir pil adalah pil aktif yang mengandung ethinyl estradiol 0,03 mg dan levonorgestrel 0,15 mg. Ke 21 butir pil ini kandungannya sama baik pil KB Andalan biasa maupun pada pil KB Andalan Fe. Fungsi 21 butir pil aktif adalah untuk mencegah kehamilan melalui setidaknya tiga mekanisme yaitu mencegah ovulasi, menipiskan dinding rahim, dan mengentalkan lendir mulut rahim.

Perbedaan pil KB Andalan biasa dan Andalan Fe hanya terletak pada 7 pil sisanya. Pada pil KB Andalan biasa 7 pil tersebut tidak mengandung apa-apa, hanya mengandung tepung dan gula. Sedangkan pada pil KB Andalan Fe ketujuh pil tersebut mengandung zat besi atau ferrous fumarate. Fungsi zat besi ini adalah untuk mencegah anemia terutama bagi mereka yang haidnya banyak. Bersama darah haid biasanya keluar zat besi dalam bentuk ikatan dengan hemoglobin. 

EFEK BERHENTI MINUM PIL KB SEBELUM HABIS

Oleh karena itu jika Ibu cenderung mempunyai haid yang melimpah dan nampak kekurangan darah maka Andalan Fe cocok untuk digunakan sebagai pil KB.

Perbedaan pil KB Andalan hijau dan biru, Macam-macam pil KB Andalan, Pil KB Andalan Fe tidak bikin gemuk, Gambar pil KB Andalan Fe, Harga pil KB Andalan Fe di apotik.

Harga pil KB Andalan Fe tidak terlalu mahal hampir sama saja dengan pil KB Andalan biasa. Harganya per kotak berisi 2 blister di bawah Rp20.000.


Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. [BAGI KE FACEBOOK]

8 komentar:

  1. Ass, saya mau tanya sebelumnya kan saya pakai pil andalan yg biasa lalu saya pindah ke pil andalan fbe itu akan berdampak apa ga yaa, mohon dijwb

    BalasHapus
  2. Kemungkinan tidak berdampak apa-apa.

    BalasHapus
  3. Ass, sebelumnya saya kb suntik selama 2 th tpi tidak ada haid dan bb trus naek,, baru coba pil kb andalan yg biasa bru abis 1 seteng blister muka saya keluar bintik bintik kecil dan tekanan darah saya tiba tiba naik,, jika saya mengganti dengan andalan FE apakah efeknya sama,, dan sebenernya lwbih bagus yg mana klo bisa untuk mengontrol berat badan karna bb terus naek
    Sebelmnya terima kasih

    BalasHapus
  4. Sepertinya efeknya akan sama. alternatif bisa pilih KB nonhormonal seperti IUD.

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum dok,sy wanita umur 29 tahun,selama kb suntik sy tidak pernah haid hampir 3 tahung.sekarang sy mau pindah pil kb dan apakah boleh di minum langsung?dengan pil kb katanya bisa haid lancar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikum salam. Jika sudah jadwal suntik berikutnya, tidak usah suntik. lanjut minum pil KB. tapi perlu diingat efek berhenti haid akibat kb suntik bisa sampai 6 bulan pasca berhenti. jadi jangan terlalu berharap haid akan segera pulih, tunggu beberapa bulan. tapi pil KB tetap di konsumsi. Tapi untuk jelasnya, silakan konsul langsung ke bidan atau dokter.

      Hapus
  6. Assalamualaikumm dokk..klogk pngend dapetin pil kb yg hijau gmna yaa..soalnya saya masih kerja pngend cobak yg hijau bolehkahh

    BalasHapus