Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KAPAN OBAT KB SUNTIK MULAI BEKERJA

“Tadi siang saya suntik KB yang 1 bulan, terus malamnya langsung hubungan, apa tidak kebobolan ya Dok? Sebenarnya kapan obat KB suntik mulai bekerja maksimal? Terima kasih”

Sepertinya Ibu suntik KB di luar masa haid ya? Jika demikian harusnya menunda hubungan dengan suami minimal 7 hari. Jika tidak, ada potensi ibu mengalami kehamilan. Terutama jika dalam seminggu tersebut ada masa subur ibu.

Kalaupun sekiranya nggak tahan atau suami ngotot, silakan menggunakan perlindungan tambahan nonhormonal misalnya kondom.

teenhealthsource.com

Kenapa mesti menunggu 7 hari?

Karena suntik KB tidak seperti obat lainnya yang langsung bekerja maksimal. Tapi pelan-pelan hingga mencapai titik perlindungan efektif sekitar seminggu setelah suntikan.

Suntik KB paling ideal sebenarnya pada masa haid sekitar hari ketiga atau keempat. Dengan demikian setelah selesai haid ibu dapat melakukan hubungan dengan suami tanpa harus menggunakan perlindungan apa-apa lagi.

Tetapi kalau sudah terlanjur dan ibu sangat khawatir silakan hubungi dokter ahli kandungan untuk mendapatkan kontrasepsi darurat.

Posting Komentar untuk "KAPAN OBAT KB SUNTIK MULAI BEKERJA"